PENGETIKAN 10 JARI

Desember 11, 2008 at 10:31 am (rudi_cute')

Pada kegiatan belajar ini, Anda akan mempelajari tentang pengertian
komputer serta bagian – bagiannya. Juga akan dibahas mengenai
perangkat input komputer yang paling banyak digunakan, yaitu
keyboard.
Sebagai sebuah perangkat input, keyboard memiliki banyak fungsi yang
dijelaskan secara rinci.
Diharapkan setelah mempelajari kegiatan belajar ini, Anda dapat
memahami jenis – jenis keyboard serta fungsi tombol – tombol yang
terdapat pada keyboard tersebut.
2.2 Organisasi Komputer
Komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti
menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar
dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi
komputer.
• Menurut Hamacher [1], komputer adalah mesin
penghitung elektronik yang cepat dan dapat
menerima informasi input digital, kemudian
memprosesnya sesuai dengan program yang
tersimpan di memorinya, dan menghasilkan
output berupa informasi.
• Menurut Blissmer [2], komputer adalah suatu alat elektonik yang
mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
– menerima input;
– memproses input tadi sesuai dengan programnya;
– menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan;
– menyediakan output dalam bentuk informasi.
• Sedangan Fuori [3] berpendapat bahwa komputer adalah suatu
pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara
cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa
campur tangan dari manusia.
Mengetik 10 Jari 11
Sistem kerja komputer secara garis besar terbagi atas 3 bagian, dan
seluruh bagian ini saling berkaitan satu sama lain.
Gambar 1.1 Bagian-bagian Komputer
Gambar 1.2 Satu unit komputer
• Input device atau alat masukan adalah perangkat keras komputer
yang berfungsi untuk memasukkan data atau perintah ke dalam
komputer
• Process device atau alat pemroses adalah perangkat keras komputer
yang berfungsi untuk mengolah data atau perintah yang diterima oleh
alat masukan dan memberikan hasil pengolahan data tersebut kepada
bagian output
INPUT
DEVICE
PROCESS
DEVICE
OUTPUT
DEVICE
Mengetik 10 Jari 12
• Output device atau alat keluaran adalah perangkat keras komputer
yang berfungsi untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh bagian
proses
2.3 Keyboard
Penciptaan keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik
yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopher
Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh
Perusahaan Remington.
Keyboard komputer pertama disesuaikan
dari kartu pelubang (punch card) dan
teknologi pengiriman tulisan jarak jauh
(Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC
menggunakan pembaca kartu pembuat
lubang (punched card reader) sebagai alat
input dan output.
Bila mendengar kata “keyboard” maka
pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah
komputer, karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari
tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus
lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya
papan tombol jari atau papan tombol. Pada keyboard terdapat
tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 – 9, tombol dan karakter
khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ – + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ | serta
tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104
tombol. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52
tombol. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini
model keyboard sangat variatif.
Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa
maupun mesin ketik listrik. Nah, keyboard mempunyai kesamaan
bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada
hasil output atau tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita
tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah
ketikkan dan setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan maka hasilnya
langsung kita lihat pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard. Apa
yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor
terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan
perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan ketikan dan yang
lainnya. Seperti juga “mouse”, keyboard dihubungkan ke komputer
Mengetik 10 Jari 13
dengan sebuah kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel
tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer.
Secara fisik, keyboard terbagi atas 4 bagian, yaitu:
1. Keyboard Serial
Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer
tipe AT.
2. Keyboard PS/2
Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling
banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus
dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama
dengan port untuk mouse.
3. Keyboard Wireless
Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan
kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer.
Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth.
Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan
unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat
Gambar 1.3
Port pada keyboard
serial
Gambar 1.4
Port pada keyboard PS2
dan konektor pada
motherboard
Mengetik 10 Jari 14
pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang
pada port USB atau serial pada CPU.
4. Keyboard USB
Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan
jenis konektor USB yang menjamin transfer data lebih cepat.
2.4 Struktur tombol pada keyboard
Dari sisi tombol yang digunakan, keyboard memiliki perkembangan
yang tidak terlalu pesat sejak ditemukan pertama kali. Yang terjadi
hanyalah penambahan – penambahan beberapa tombol bantu yang
lebih mempercepat pembukaan aplikasi program.
Secara umum, struktur tombol pada keyboard terbagi atas 4, yaitu:
5. Tombol Ketik (typing keys)
Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi
huruf dan angka serta tanda baca.
Gambar 1.5
Keyboard dan mouse
wireless
Gambar 1.6
Konektor USB
Mengetik 10 Jari 15
Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe
QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan
sampai saat ini adalah susunan QWERTY.
6. Numeric Keypad
Numeric keypad merupakan bagian khusus dari keyboard yang
berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa
angka dan operasi perhitungan. Struktur angkanya disusun
menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.
7. Tombol Fungsi (Function Keys)
Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada
keyboard standard. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai
perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun
aplikasi.
8. Tombol kontrol (Control keys)
Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol
yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol
panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end,
insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan
escape (esc).
Typing keys Control keys Numeric Keypad
Function keys
Gambar 1.7
Bagian – bagian keyboard
Mengetik 10 Jari 16
Beberapa fungsi tombol pada keyboard terdapat pada tabel berikut ini.
Tombol ALT akan berfungsi bila
penggunaannya dipasangkan dengan tombol
lainnya seperti F4 misalnya yang berguna
untuk ShutDown atau menutup Windows
Program yang sedang aktif.
Tombol CTRL akan berfungsi bila
penggunaannya dipasangkan dengan tombol
lainnya seperti tombol C atau disebut juga
CTRL-C akan berguna untuk menyalin saatu
objek yang ditunjuk ke dalam clipboard, yang
nantinya dapat disalinkan pada area kerja
yang ditentukan dengan menggunakan
CTRL-V
Tombol F1 – F12 adalah tombol fungsi yang
pemanfaatannya disesuaikan dengan sistem
operasi atau aplikasi. Misal, F1 biasanya
digunakan untuk menampilkan menu Help
yang akan memberikan penjelasan mengenai
aplikasi yang sedang berjalan
Tombol ESC (Escape) adalah tombol yang
kegunaanya sama dengan pilihan CANCEL,
yaitu untuk membatalkan satu tahap
pekerjaan.
Tombol Enter adalah tombol yang
kegunaanya sama dengan pilihan tombol OK,
yaitu untuk menyatakan bahwa operasi yang
dilakukan betul dan selesai. Enter juga dapat
berarti menyisipkan baris kosong atau baris
baru pada proses pemasukan text.
Pada Window dialog, menekan tombol TAB
berarti pindah ke field atau daerah isian atau
pilihan berikutnya. Pada saat proses
pengetikan, TAB berarti lompat ke
penghentian TAB (tab-stop) terdekat.
Menggerakan penunjuk karakter (kursor)
sesuai arah anak panah bersangkutan.
Mengetik 10 Jari 17
Berguna pada saat proses pengetikan.
Menekan tombol Backspace akan
mengakibatkan karakter (huruf) disebelah kiri
kursor terhapus.
Berguna pada saat proses pengetikan.
Menekan tombol Delete akan mengakibatkan
karakter(huruf) disebelah kanan atau ditempat
dimana kursor berada akan terhapus.
Berguna pada saat proses pengetikan.
Menekan tombol Home akan mengakibatkan
kursor berpindah ke awal baris dimana kursor
berada.
Berguna pada saat proses pengetikan.
Menekan tombol End akan mengakibatkan
kursor berpindah ke akhir baris dimana
kursor berada.
Berguna pada saat proses pengetikan.
Menekan tombol PgUp akan mengakibatkan
kursor berpindah ke atas sejauh satu layar
dari kursor berada
Berguna pada saat proses pengetikan.
Menekan tombol PgUp akan mengakibatkan
kursor berpindah ke bawah sejauh satu layar
dari kursor berada

About these ads

1 Komentar

  1. ngucil said,

    PEMGETIKAN 10 JARI INI SANGAT BERGUNA BAGI SAYA TERIMA KASIH YA ANDA SUDAH MEMBUAT BLOG INI DEGAN SEMAKSIMAL MUNGKIN !
    GOOD LUCK SEMOGA KAMU DAPAT IDE-IDE YANG LEBIH BERGUNA BAGI SEMUA ORANG.
    SEE YOU.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: